Saturday, September 25, 2010

Museum Ferrari, Italy - dimata orang awam

Sept 2010

Hari sabtu pas wiken gue decide utk jalan2 liat museum ferrari. Sebenernya agak ragu, mau kesana apa ke Milano ya. Tapi kayaknya gak seru kalo gak mampir ferrari. Museum-nya dikota kecil di italy, kalo gak visit  ke modena, pasti males mampir ke situ karena jauh juga. Trus konsul sama orang hotel, mending Milano, Ferrari, ato Venezia. walah yang ada malah gue diomelin, "ngapain ke milan, gak ada apa2, kayak new york aja. mahal" hehehe. Ya udah milan skip dulu (sambil ngarep ya allah bisa balik lagi kesini)

Lokasi Museo Galleria Ferrari itu di kota Maranello. Kira2 30mnt dari Modena naik bis umum. Kebetulan terminal bisnya deket sama hotel jadi tinggal jalan aja. Terminalnya namanya autostazione. Beli tiket di terminalnya (berapa euro ya kok lupa), pilih bis no 800. Kalo wiken, bisnya ada setiap 30mnt sekali.

Utk tahu udah sampe maranello atau belum, mayan gampang sih. Dari awal udah ada plang ferrari dimana2, jadi mulai celingak-celinguk. bus stop-nya itu lumayan di area seperti piazza, seperti center town lah. trus turun, cari arah jln ke museum. Gampang. Sebetulnya sebelum stop di kota maranello, satu stop sebelumnya itu persis di seberang ferrari store, toko merchandising utamanya. Tapi menuju museumnya tetep sama2 jln kaki sih. Oh ya di lokasi itu gak cuma museumnya aja. Tp ada pabrik juga showroom buat belanja mobilnya hehe

Anyway, kota maranello sepi bgt, kecil. Kadang suka ada seliweran mobil ferrari tp gak ngebut amat (cuman teteeep suaranya kenceng aja). Gue jalan kaki ngarah ke museum, and otw ngelewatin toko2 yg nyewain ferrari utk test drive. jadi orang umum kalau mau nyoba nyupir ferrari bisa nih. bayar sekitar 100 euro trus keliling naik mobil sekitar 15 menit, sambil di rekam video. seru sih sebenernya, tapi gue gak pede. takut nyerempet hahaha

tiket masuk EUR 13
Masuk ke Museum, bayarnya 13 euro. jadi di dalam ada 2 kategori yg dipajang, race car yg untuk F1, sports car yg buat pribadi, sama race car tapi yg mobil tutup, kayak di nascar gitu kali ya. maklum gak ngerti soal mobil dan balapan jadi gak mudeng istilahnya :)

begitu masuk, yg di display adalah race car F1, sejarahnya, trus dipajang mobil2 dari tahun jebot yg pernah menang championship. bentuknya evolusi dari tahun ke tahun. sayangnya gak boleh di dudukin hehe. menarik banget. trus pindah ke lantai atas, nah disini banyak sports car, dari yg jadul sampe yg baru. yg terakhir di produksi th 2009 warna kuning. trus ada sound system yg bisa kasih experience seberapa kenceng suaranya si ferrari ini kalo lagi ngepot. wiiiiiing

trus lanjut ke bagian belakang, ada wall of fame race car yg menang dibeberapa championship. yg udah baru2, plus pajang2n piala2. displaynya keren bgt dengan ambience music kemenangan plus foto2 dan video wkt menang championship. lumayan betah lah disini.

museumnya gak gitu besar, tapi menarik banget. kira-kira 2 jam disana, trus pulang beli kaos ferrari dulu buat aryo. sebetulnya ada di merchandising store ditempat yang sama, tapi gue sengaja jalan ke ferrari store yg terpisah dari museumnya karena pilihannya lebih banyak. kira2 10 menit. lumayan sambil jalan2.

sayangnya gak bisa mampir ke factory-nya. kalau bisa, pasti lebih keren lagi.

No comments:

Post a Comment