Thursday, September 23, 2010

Modena, kota kecil di Italy

early fall, Sept 2010

so… perjalanan gue dimulai dari Modena, Italy. Modena adalah semua kota kecil kira-kira di daerah bagian antara utara dan barat laut negara italia. kira-kira 3 jam naik kereta dari Milano atau Venezia.
kalau mau menuju Modena by air, kita naik pesawat internasional, yang tujuannya Bologna. Nanti dari situ naik taxi kira-kira 45 menit sampai. waktu itu rute travel gue naik garuda indonesia. temen2 gue kalo denger kemarin gue naik garuda. rute-nya Jkt-AMS via Dubai, trus lanjut pake KLM dgn rute AMS-BLQ. periksa visa adalah di negara schengen pertama yg kita masuki. jadi gue kemarin diperiksa di amsterdam aja, trus naik pesawat domestik ke bologna. berhubung gue pake private taxi, jadi dari airport ke hotel cost nya 88 euro. mahal ya nek. tapi kalau gak naik taxi susah juga. gak ada public tranportation. bologna juga kota kecil, kayak solo gitu lah. udah gitu sebaiknya order dulu, jangan main cegat di airport. seperti jakarta, banyak taxi yg nembak harga gak pake meter. repot lah.
di modena nginep di hotel estense. sejujurnya wkt baru masuk, hayah ni hotel cupu banget ya. seperti biasa sizenya kecil ajaaa… sama kyk wkt gue nginep di swedia. tapi yg ini rada ngeselin. hotelnya tua banget, kyk hotel di cilacap. pas masuk lobby, langsung disambut aroma doggy. lahh kok anjing? ternyata besok-besoknya gue sering nemuin doggy gede bgt tiduran di tengah2 karpet. tu doggy rada bego, krn ternyata dia buta. hayahh. trus furniture kamar dll udah kyk masuk hotel indonesia wkt terakhir-akhir belum di rombak. selimutnya smelly banget. yg lucu, kamar mandinya modern sih, tapi gak matching sama interior kamar yg udah tua, trus shower box-nya keciiiiiill banget. gue yg ukuran asia aja repot, air luber kemana2. gimana yg bule2 gede gitu ya.

yg modern di kamar cuman bathroom sama flat screen tv merk phillips 21 inch. channel tv-nya di dubbing bahasa lokal semua, tapi ngedubbingnya ok sih, gak kyk di indonesia jadi norak. dubbing-nya sampe pas love scene pun suaranya di dubbing. haha kocak. ada cable-nya jadi banyak film lepas. ada 1 channel yg bisa di set suara asli inggrisnya, tapi tiap hari musti request ke receptionist utk di set. hayah repot banget. gue selama disana nonton film lokal yg isinya talkshow melulu, dari politik sampe gosip2 gitu. sama tiap pagi liat berita yg ada weather forecast-nya mau tau, panas apa dingin apa hujan. biar gak saltum :). btw buat yg selama ini gak ngeh, kalo di eropa, cable tv-nya pasti ada channel adult only. kalau di swedia dulu musti pay per view, kalau gak bayar cuman bisa denger suara2nya doang. kalo di italy, weleh, di open aja gitu. gue ngintip dikit, isinya mirip salah satu website yg depannya ada kata “you”. gak pake story, langsung gazzpoll (wah kok ratih tau aja ya… hahaha)

eniwei, meskipun hotel cupu yg katanya udah paling mending ini, lokasi deket bgt sama city center sih, jadi jalan kaki aja kemana-mana. sebetulnya ada 1 lagi hotel yg lebih descent kalau diliat dari luar dan sampe lobinya. namanya hotel central park. deket bgt sama city center juga. tapi konon, breakfast disitu gak seenak breakfast di hotel estense. tapi yaaa… jangan kira breakfastnya kyk hotel2 di jakarta. disitu adanya cuma basic european breakfast: macam2 roti & bagel, buah segar (plum, grapes, apple, banana, strawberry dan berry2 lainnya dan yg khas apricot sama peaches), yoghurt, pastry (wah org italy sarapannya cake pastry gitu..), telor rebus, macam2 slice ham & cheese, dan yg pasti macam-macam kopi. yg enak, disitu ada orange juicer, jadi bisa peres yg segar saat itu juga. that’s it. kebanyakan cold breakfast lah

Gue ke Modena kebetulan karena ada training dari kantor. Modena adalah salah satu kota industry yang masih punya city center dengan kota tua yg cukup cantik. Tapi ya itu, kecil. Kalau kata aryo sih, sama aja kayak klaten hehe. Berhubung hari 1 and 2 cuman meeting biasa, sore-sore selalu sempet jalan-jalan menuju city center. karena timingnya di akhir sept, udara udah mulai berubah. kalau siang suka panas, kira2 23derajat celcius. kalau malem bisa down to 17 derajat celcius. anginnya mayan gak terlalu kenceng tapi berasa dingin. buat org yg gak tahan dingin kyk gue, tetep, trenchcoat dipake kemana-mana. kalau siang, cuman dilapis kardigan cukup. tp kalau malem mau nyaman, di lapir sweater lagi pake syal juga. yg pasti kalau pake winter coat bakal saltum sih. soalnya gak sedingin itu juga.

hari sabtu sore di modena, banyak aktivitas oleh local community di tempat. seperti biasa kalau org-org di eropa, waktu weekend adalah di pakai belanja groceries sama doing lifetyle mereka. yang pasti banyak banget yg jalan-jalan pake sepeda. trus di city center juga krn rame dan space-nya sempit, akhirnya mobil dilarang masuk. cuman ada bis. tapi orang-orang udah pasti dont mind lah jalan. sambil window shopping, apalagi pas ada matahari… huuu menghangatkan badan.

gue pagi sampai siang kebetulan ke maranello, liat museum ferrari. cerita ini di posting yg beda ya. sorenya, masih jam 3, tadinya pengen ke kota lain. tapi kemana bingung. setelah semua lewat, gue pikir2, harusnya gue main ke parma atau bologna aja ya hehe.. at least ada another city yg gue liat. hehe

tapi anyway, pas malming itu, ternyata kalau jalan ke piazza, lagi ada bazaar local community tentang environment. trus ada pertunjukan cheerleaders dari anak2 sekolah lokal. yg ini rada amatiran, jadi yg dance anak2 sekolahan gitu deh. wah, orang2 italy emang suka yg sexy2 ya. abege2 aja dandannya pada sexy banget :) tariannya, yaaa standar lah, gak bagus2 amat n gak kompak2 amat, tapi semua keluarga yg datang nonton, pada support semua anak yg perform. seru lah

trus gue main ke piazza yg satu lagi, di belakang corso duomo, ternyata ada aktifitas lagi. utk outdoor activity. wah seru bgt, byk game, dari yg cuman lempar bola ke ring basket, kompetisi net ball gitu kyknya, sama tanding fuzzball. rame banget. semua orang bergerak. exercise. kesannya sehat banget. tapi kalau liat2 cafenya sih, banyak jg yg lagi nongkrong ngopi2.
malemnya ada open stage. ada pertunjukan dari dance institution gitu. ada beberapa. jadi ada yg sekolah formal atau tempat les gitu. mereka masing2 tampil dengan tema classic kyk balet gitu atau yg kontemporer. hebat, anak2 masih muda2 abege gitu, koreografinya keren2. pokoknya kalau yg suka nonton so you think you can dance, yaaa… ada beberapa yg kualifikasinya hampir kyk gitu lah. walopun gak seprofesional mereka. tapi keren. cuman acaranya jam 7 malem, gue udah mulai menggigil, karena dari siang gak bawa sweater. cuman modal cardigan sama jaket. akhirnya sejam doang nonton gak tahan, gue balik hotel. but seru lah… ngerasain local experience kayak apa.

yang pasti, malem minggu disana, semua orang numplek ke city center. yg tadinya jalanan sepi, jadi penuh orang, yg tadinya banyak motor gede ngepot, skrg jadi pelan2. sampe jam 9 malem, orang masih pada berdatangan. yg abege, yg udah dewasa. dandannya necis, santai.

selama 8 hari gue stay disana, di daerah piazza ini ada beberapa pertunjukan. sempet ada rock concert juga disana, katanya yg tampil salah satu band terkenal aslinya dari modena. cuman temen-temen gue yg orang lokal pun gak gitu tertarik untuk nonton soalnya tuwir2 haha. show-nya gratis, so, menyenangkan lah selalu ada activity disana. waktu itu sorenya pun banyak open stage yg tiba2 muncul di beberapa lokasi yg ada open space sedikit. ada panggung2 kecil buat anak2 punk mau manggung. bodo-nya gue gak sempet nanya ke orang hotel, kok banyak pertunjukan musik hari ini kenapa. soalnya pas balik hotel udah malem. nanya orang setempat? hayaaahhh orang italy mana ada yg ngomong inggris :)

di modena, seperti kota-kota italy lainnya, selalu ada duomo yg bisa didatengin. disitu ada tower clock yg cukup terkenal yg saat itu lagi di rejuvenate. jadi ditutup2in agak kurang enak dilihat. udah tahun ke 3 belum kelar2 juga. trus ada salah satu sisi kota-nya ada jalan yang berliuk seperti di venezia, karena konon dulu yg daerah situ banjir seperti kanal di venezia. dan salah satu orang berpengaruh di kota modena cinta banget sama venezia

cerita tentang lifestyle sama kuliner, di notes yg lain ya

No comments:

Post a Comment