Sunday, September 26, 2010

fakta tentang italian food

PIZZA

pizza yang asli itali itu ternyata pizza margarita. isinya cuman topping tomato sauce sama mozarella cheese. titik. tipis tebal pizza-nya ternyata tergantung kesukaan. tapi umumnya dimasak tipis dan crunchy. 1 loyang pizza ukuran besar sekitar diameter 50cm itu biasanya disikat sama 1 orang. gue gak mampu abisin segitu sih. separo doang udah gak tahan kenyang hehe.

pizza topping kalau udah dibikin kreatif, isinya macam2 jenis daging. pastinya pork yah. bisa slice tipis, cincang, potong kecil2, dari berbagai bagian tubuh binatang babi itu. gue cuman bisa ngeliatin doang gak bisa ikutan makan hehe. trus ditambah sama macam2 sayuran, ada terong, zucchini, macam2 jamur, olive dan daun-daun pilihan lain yg gue gak kenal namanya. trus cheese toppingnya bukan cuman standar mozzarella, tapi ada buffalo cheese, trus cheese apa dan apa, dan keju-nya bisa di campur2 supaya taste-nya lebih rich. wkt itu gue cuman pesen pizza margarita, tambah olive, mushroom sama buffalo cheese gila enak banget. slurrpphh

oya kalau di grab n go di bar gitu, bentuknya lebih kyk pizza bread, jadi bentuknya kotak, pake base lembaran roti dan biasanya tebal. dimasak ukuran besar, trus dijual per pieces gitu. pizza margarita paling umum lah. rasanya? yaaaa kalahh la yaw sama yg bunder beli di ristorante hehe

btw selama disana, mau makan pizza halal bakal repot. soalnya gak dikenal pizza dgn topping beef, chicken ataupun seafood. adanya berbagai macam ham aja. apesss :p

PASTA

jenis pasta itu macem-macem. ribet nulisnya krn banyak, jadi liat aja link-nya yah hehe. yang pasti, pas gue tanya sebenernya original pasta itu kyk apa sih? jawaban temen gue yg orang itali : ya pasta, sama tomato sauce sama parmesan cheese. that's it. jadi, gak ada istilah spagetti bolognaise, yg kita tahu bentuknya tomato sauce based yg pake daging gitu. dan gak ada istilah napolitana yg isinya cuman tomato sauce. emang dasar amerikanisasi yah. hehe. kalau pesen pasta, yg disebut jenis pastanya apa plus toppingnya. jadi kayak wkt gue pesen dulu: Tagliatelle with stewed beef, misalnya. atau penne with scallop, carrots and apaaa gitu misalnya. karena untuk org itali, jenis pasta itu menentukan rasa enaknya sih menu pasta itu sendiri. trus diatasnya ditaburin sama parmesan cheese.

oya, kan semua org tahu, hamburger itu asalnya dari hamburg di jerman, frankfurter dari frankfurt, nahh spagetti bolognaise berarti bukan dari bologna italia yaaa hehe

TIRAMISU

gue sama temen gue iseng beli tiramisu, pengen tau kalau tiramisu yg bener kayak apa. ternyata... isinya cream keju mascarpone itu doang.... toookkk.. gak ada cake sponge apapun dilapisan dalemnya. lembuuuuttt banget. trus di pinggir atau dalamnya cuman dikasih selembar atau 2 lembar biskuit panjang. mungkin itu yg dibuat sama orang lokal kita, daripada pake biskuit panjang, diganti sponge cake aja trus porsinya lebih banyak dari cream and cheesenya, karena mahal hehehe. anyway
sejak itu gue jadi penasaran, pengen makan yg kyk gitu lagi di jakarta dimana ya? susah kali... belagu ya gue hihi

GELATO

sebenernya konsep gelato gak terlalu beda dgn apa yg dijual di gerai-gerai yg ada di mal-mal besar di indonesia. cuman pas gue di modena, gue diajak beli di tempat yg rasanya natural enak banget. nama tempatnya GROM. nyobain dari yg coklat, minty, sampe yg coconut n lime. enaaaaakk banget. yg rasa apple aja rasanya buah asli.

ada joke soal makan gelato ini. kenapa orang itali kalau makan gelato sukanya pake cone, bukan pake gelas? soalnya, orang italy kalau ngomong kan heboh tuh, pake tangan. yg suka jarinya di kuncupin trus digoyang2in tangannya di depan muka. nah katanya kalau makan pake cone, jadinya yg pegang cone satu tangan, satunya lagi tetep bisa goyang2. klo pake sendok sama cup, susaaah hehehehe. yang cerita temen gue sendiri local italian, namanya andrea hehe

CAPPUCINO
cappucino itu ternyata aslinya cuman diminum saat breakfast doang, sebelum jam 10 or 11 siang. jadi sebenernya aslinya cappucino itu dicampur oat, jadi cukup mengenyangkan kalau pagi sarapan minum itu, dan yg pasti sehat. akhirnya jadi kebiasaan org itali utk minum cappucino tiap pagi. waktu gue dinner sama temen-temen gue, ditawarin kopi, temen gue yg dari south africa order cappucino. yg orang itali asli langsung liat-liatan. ternyata itu order yg aneh buat mereka. mereka bilang, 'lo nyusahin orang tau gak. mesin cappucino-nya udah dibersihin dari tadi pagi kali'. ternyata setelah 11 siang, kalau mau minum kopi, ya minumnya just coffee, atau espresso. that's it. ooooo ok deh ngarti sekarang. abis itu yg foreign udah gak malu2in lagi hehe

BALSAMIC VINEGAR

ternyata balsamic vinegar itu asal muasalnya dari di modena. fungsinya buat penambah cita rasa makanan. bisa untuk salad, grilled meat dll. biasanya kalau org bikin salad (bukan yg pake dressing lho ya), cuman di aduk sama olive oil, balsamic vinegar, salt n pepper.

wkt di modena, gue sengajain beli balsamic vinegar. ternyata harganya beda-beda, tergantung berapa lama vinegar itu udah disimpan. ada yg 3 tahun, 7 thn, bahkan sampe 15 taun, n yang pasti makin lama harga makin mahal. produksinya homemade, trus fungsinya juga beda2. kalau untuk meat yg rasanya generic, kalau utk fish, rasanya beda, ada kandungan apanyaaa gitu. pokoknya beda lah sebaiknya. cara masaknya, grilled meat gitu aja trus diguyur sama balsamic vinegar ini, salt n black pepper utk aroma. enaak


yg unik and bikin gue tertarik adalah, waktu dinner, dessert gue adalah es krim. gelato rasa vanila, yg di guyur pake balsamic vinegar. weeekkk gue pikir, gila aja ni makan eskrim kok pake cuka. eh ternyata enak banget. unik rasanya. dan pas gue beli wkt itu, ternyata klo yg utk fruit dessert atau gelato, vinegarnya ada campuran honey. jadi rasanya manis. mantab lah pokoknya. unik




URUTAN MAKAN

orang itali yg memang pecinta makanan, ternyata kalau nikmatin makanan itu dipisah-pisah. bukan yg ditumplek di satu piring kayak orang lain pada umumnya. kalau 3-4 courses di restoran sih udah umum ya, pasti ada appetizer, soup, main course dan dessert. tapi ternyata cukup mirip dgn kejadian yang ada di kantin kantor gue disana, yg sistemnya kita milih mau makanan apa nanti di sendokin sama pelayannya. yg pasti komplit dgn balance diet. tapi cara ordernya sendiri2 terpisah piringnya. alias seperti ini kira-kira yg di order oleh 1 orang:

1. Appetizer : 1 porsi pilihan pasta, untuk asupan karbohidrat. misal penne pake tomato sauce. atau spagetti yg seafood. 1 porsi artinya... kalau perut asia ya 1 menu makanan kenyang gitu.
2. Main course : 1 porsi protein, misalnya steamed fish (alias 2 pieces of fillet kakap), atau turkey gravey (alias 1 potong paha atas nyambung paha bawah turkey yg dari sananya tuh binatang unggas yg emang besar)3. vegetables : 1 porsi steamed spinach atau mixed veggie. misal bayam cuman direbus bumbu garlic secentong gede, atau campuran wortel rebus n brokoli. again.. secentong gedeeee
4. dessert : 1 porsi pudding coklat atau cake atau pastry
5. minuman : soda or carbonated

eemmmmhh... itu porsi org makan di kantin ya... bukan di resto. tapi tetep ajah, perut apa karung ya. herannya orang itali itu kok tetep kurus2, padahal makan karbo segitu banyak. yang heran bukan cuman gue, tapi temen2 gue yg dateng dari korea, taiwan, central america, egypt, sweden... heran semua hehe

No comments:

Post a Comment