Monday, September 27, 2010

venezia - italy, kota banjir... eh kota air

early fall, Sept 2010

setelah bolak2i ngeliatin weather forecast, akhirnya decide utk ke venezia hari minggu. sambil berdoa mudah2an ada matahari, gak hujan melulu.

waktu hari sabtunya, gue sore2 ke Modena FSS - train station dulu, beli tiket kereta. waktu di pesawat menuju bologna, sempet ngobrol sama orang lokal yg tinggal di deket bologna, dia bilang, kalau mau ke venezia atau milano, mendingan naik mobil atau kereta cepat, paling2 1 jam nyampe. tapi ya harganya mayan mahal. bisa sampe 88 euro. pas gue ke stasiun, gue coba baca schedule trip yang dalam bahasa italy yang membingungkan itu. ngeliatin jam-nya agak bingung, karena option keretanya banyak, dan gak ada yg straight, alias transit pindah kereta

akhirnya nyerah, gue decide langsung ke loket and siap diomelin orang klo kelamaan beli tiket di loket hehe. untungnya ketemu orang loket yg bisa bahasa inggris dan cukup baik. gue minta dicariin kereta kelas 2 dan paling pagi. pas pulang, tadinya gue mau sampe modena lagi jam 8 malem supaya bisa puas sampe sore disana. tapi gue pikir, iya kalo masih ada bis dari stasiun ke hotel, secara itu hari minggu. pasti bis rutenya abisnya cepet. kalau jalan kaki, ganti petugasnya gak rekomen, karena gue cewek jalan sendirian bahaya. rutenya sepi. akhirnya gue minta kereta yg sampe modena lagi sekitar 18:30... at least masih terang.

dapet tiket, transit di bologna, dan pas dapet yg murah. so total return cuman eur 30. padahal pas liat2 di website, one way aja bisa eur 40. rejeki yeay! pak petugas juga cukup baik ngasih tau detil rute2nya gimana dan jam berapa.

waktu hari minggu, gue jalan kaki ke stasiun karena belum ada bis. jalan jam 7 pagi dingiiiiiin banget. pake baju komplit, jeans, keds, singlet daleman biar anget, tshirt, syal dan trenchcoat, dan gue masih nyimpen kardigan di tas. sarapan ala orang lokal, alias grab a bread and drink otw.

sampai stasiun, agak celingak-celinguk, mana ya tempat nyeklok tiket? btw di itali, segala tiket public transportation, yg dibeli, harus di validate. bahasa kita mungkin di ceklok ya. di mesin warna kuning yg ada di luar platform kereta. kalau gak di validate, nanti kena denda. repot. abis itu kereta datang ontime. naik lah ke gerbong kelas 2. duduk bisa di mana aja karena gak ada seat numbernya

otw ke venezia, pemandangan di luar buat gue gak terlalu menarik sih. cuman padang rumput untuk ladang, dan tempat ternak makan. rumah2nya biasa aja, kurang berasa di italy hehe. yg pasti dibanding perjalanan gue dari denhaag-amsterdam naik kereta, jauh lebih cantik. gue naik kereta yg lumayan bagus. kayaknya memang kereta antar kota soalnya di seat gue ada colokan listrik segala. sampai di bologna, gue turun dan pindah kereta ke venezia. yang kali ini lumayan penuh. banyak org bawa koper. keretanya gak sebagus kereta yg tadi, kayak senja utama gitu deh kira-kira. banyak keluarga yg bawa anaknya yg memang sengaja spend weekend di venezia

setelah 3 jam dari modena, akhirnya sampai deh di venezia. begitu keluar stasiun, langsung ketemu air. sampe sana, astagaaahhh puanaaasseee. matahari terik banget. bersyukur sih, dari pada mendung gerimis gak jelas, pasti lebih gak enak lagi suasanya. tapi ruaaameeenya itu gue gak nyangka. almost oct, masuk ke autumn, tnyt turis masih byk banget.

setelah beli sandwich tomato and cheese... again :), gue mulai celingukan beli tiket utk jalan2 di kanal. karena waktu gue jalan2 di venezia cuman 3 jam, seperti anjuran tripadvisor, gue mau keliling naik waterbus aja. karena kalo waterbus, bisa nyusurin kanal besarnya berenti di point of interestnya. kalau mau naik gondola, bagusnya utk kanal2 kecil yang nyelip2. lagian gue pikir, naik gondola sendirian males juga kali yeee... kalau ada cibeb sih asik :)

gue beli map eur 4, sambil tanya ke pemilik toko, kemana aja tempat menarik yg bisa gue datengin. ada beberapa yg dia kasih tau, tapi akhirnya gue decide tujuan gue adalah Piazza San Marco, Rialto bridge, dan kalo sempet mampir ke St George Basilica. 3 tempat tadi mayan famous.

trus gue nyari waterbus no 1 atau 2 yg ngelewatin rute2 utama tadi. kalau beli tiket, one way adult eur 6.5 kalau beli 12 hour tourist ticket, eur 16. gue pikir walopun gue cuman 3 jam, kan pasti mau naik turun waterbus. jatuh jadi lebih mahal. akhirnya gue beli yg 12hr ticket. seperti biasa, waktu naik, nyeklok tiket dulu. waterbus disini fungsinya kayak bis angkutan umum biasa. rute2nya juga tertulis digital berikut jadwalnya. udah kayak  naik kereta aja pokok.

begitu naik waterbus dan jalan, yesss... akhirnya gue nyampe juga di kota yg terendam air. bener2 menarik. gedung2nya cantik2, semua terendam at least sampai bawah batas pintu. sejarah venezia kenapa bisa terendam gini, konon karena lokasinya dari dulu memang lagoon terendam air, tapi jadi tempat strategis utk rakyatnya menghindari musuh pas perang. tapi lama2 orang berkomunitas disini.

first stop gue turun di the famous Ponte di Rialto atau jembatan namanya rialto. jembatan putih yg bukan sekedar jembatan untuk nyebrangin grand canal, tapi dibangun dengan design cantik yang prosesnya secara sejarah juga cukup lama. ukiran dan bentuk arc nya indah dan unik, makes you wonder, kalau negara yg bangsanya sangat appreciate sama art, jembatan aja bisa jadi cantiknya. jembatan ini sebenarnya tangga. jadi sepeda atau kendaraan beroda agak repot kalau lewat sini. yang pasti wkt sampai situ, gue langsung liat Hotel Rialto and di otak gue, kok kyknya familiar banget ya nama ini ada di salah satu film produksi hollywood yg klasik. tapi lupa apa..

yang pasti sampai di lokasi ini rameeeeeeeeeee buaaangeeett. orang seliweran udah kayak pasar. ada yg liat2 suvenir, nongkrong di cafenya dipinggir canal, jalan2, antri naik gondola, dan sekali2 jerit karena yg lagi nongkrong di cafe, kadang suka kecipratan air canal yg muncrat ke darat. kalau masuk ke lorong arah ke dalam kotanya, raaameeee kayak pasar. banyak pajangan dari gelas2, yg memang jadi khasnya di sini, art glass. bagus2 banget. sepertinya kalau naik gondola dari sini dan masuk kanal2 kecilnya pasti menarik, but then eniwei gue ngejer waktu. jadi abis foto2, langsung lanjut naik bis lagi menuju Piazza San Marco

selama perjalanan lagi2 gue amaze ngeliatin building yg separo ketutup air. konon sebenernya kota ini sinking alias mau tenggelam, karena airnya makin lama makin tinggi. jalan terus, sekitar 30mnt kemudian gue turun di Piazza San Marco. dari jauh clock towernya juga udah keliatan. pas nyampe situ, agak2 bingung dikit gimana masuk menuju ke piazzanya. tapi akhirnya ketemu, daaaaannn...... ruaaaameeeeeee... halahhh kenapa ya kesan pertama gue kok ini tempat turis kayak pasar. apa karena gue bawa kesan dari modena yg sepi banget hehe

sampe di piazza, gue dikasih tau kalau bisa masuk ke gerejanya, karena didalem bagus banget. yg ada gue celingukan, lewat mana ya kok penuh banget. dan rame bgt. daannn.. lagi high tide. walahhh. orang2 banyak bgt yg pada copot sepatu dan gulung celana supaya bisa jalan2 di seputar piazza yg tergenang air. tingginya setengah betis. walaahhh kayak jakarta aja banjir :) ternyata bulan2 oktober itu bulan2 biasa high tide. makanya juga disediain papan platform buat jalan kalau gak mau nyemplung basah2an, termasuk gue. ikutan antri deh, yg saat itu gue pikir mengarah masuk ke katedral. dari luar udah keliatan lukisan2 yang bagus2 banget, dan ukiran buildingnya yg megah dan indah. tapi pas gue nyusurin pelan2, wah kok rute masuknya jauh banget ya. klo gue copot sepatu nyemplung utk bisa nyebrang langsung arah ke pintu, kok kesannya nyerobot. tar gue diomelin orang sekampung. tapi kalau antri, waktu gue jadi abis nih, keburu musti kejer jadwal kereta pulang. akhirnya dengan sangat menyesal gue keluar dari antrian dan memutuskan untuk jalan2 seputar luar piazza dan kanalnya.

disini banyak banget gondola, dan yg pasti airny tinggi sampai naik2 ke darat. udara makin hari makin terik. sebagian pendatang yg kayak gue yg baru dateng, saltum abis2an. sampai akhirnya gak tahan, trenchcoat gue copot n gue iket2 di pinggang. sebagian orang datang pake celana pendek n tank top. mungkin mereka yg memang ngindep di venezia. banyak bgt resto sepanjang kanal, gerobak2 jual suvenir. meriah suasananya.

setelah jalan2 menikmati suasana selama 1 jam, akhirnya gue decide untuk balik ke stasiun. perjalanan balik kira2 45 menit. gue naik rute lanjutan, jadi bukan balik lewat jalur tadi. rute lanjutan sampai keluar dari kanal, ke pelabuhan utama yg baru dan modern, tempat cruise ship anchoring. gila ya, yg namanya cruise ship itu ternyata guuueeedddeeeeeeee banget 10 kali lipatnya pesawat. wiih, dan mewah banget, kayak hotel resort aja. pokoknya star cruise yg di singapore mah kalah deh. dari situ masuk kanal besar lagi dan gak lama sampai di stasiun kereta lagi.

waktu balik naik kereta ke bologna, sempet bingung, karena gak jelas di tiket itu, kereta ke bologna itu arah kemana. rutenya gak jelas. wah sempet bingung, akhirnya nanya ke information. ternyata harus ambil rute ke milano. halaahh.

bye venezia.... hope someday to return, lebih lama lagi disana, dan sempet naik gondola sama aryo juga.. amiiinn

1 comment:

1. Nice blog mbak :D
    Moga-moga bisa jalan jalan juga ke Eropa... soonn... Amin...