Wednesday, September 1, 2010

Permohonan visa schengen

2010

Utk trip europe kali ini karena main countrynya ke italy, jadi gue apply visa lewat kedutaan itali. Kebetulan krn di sponsorin sama kantor jadi at least urusan dokumen lebih gampang pengadaannya. Tapi pada intinya check list yg wajib, kurang lebih sama sih utk semua negara schengen. Tapi sebaiknya syarat dokumentasinya di check aja dari kedutaan negara masing2.

Untuk kedutaan italy, tempatnya di jln diponegoro. Tepatnya persis dkt perempatan dgn jln surabaya. Utk bisa apply visa kesana, bikin appointmentnya hanya bisa lewat website kedutaan italia. Kita bisa pilih tgl brp kita bisa datang kesana dgn dokumen yg udah lengkap. Jadi saat booking wkt, sebaiknya sudah dikira2, brp lama kira2 kita perlu wkt utk menyiapkan semua dokumennya. Dlm sehari mrk cuma terima klo gak salah gak lbh dari 100 aplikasi. Udah gitu umumnya jadwal yg dibooking udah penuh dari sebulan sebelumnya. Segitu banyaknya kah yg apply visa ke itali?? Ternyata konon itu kerjaannya travel agent. Mrk main booking2 aja utk jaga2 reservasi tamunya. jadi yg single fighter kayak gue ini, lumayan harus prepare jauh2 hari.

Eniwei klo lewat itali, ada lagi yg bikin ribet. Mrk musti terima invitation letter pemohon, langsung di fax dan di email dari itali. Umumnya siapapun pengundang dari itali akan ngerti persyaratan itu, tapi repotnya kedutaan yg disini yg suka ribet. Bilangnya belum terima lah, apa lah. Ya jelas aja gmn gak mau ribet. Kebayang kan berapa surat n fax asing yg mrk terima utk permohonan visa? lalu hrs dicocokin pula sama dokumen copy yg kita bawa. Fungsinya sbnrnya utk menyatakan klo invitation letter itu asli dari itali. Oh, dan juga, bhs surat harus dlm bahasa itali. Baiknya kita request juga versi inggrisnya so at least kita bisa cek, isi suratnya bener ato gak (kecuali lo bisa bhs italy :p)

setelah check how to apply for a schengen visa di kedutaan itali, gue make sure kalau invitation letter gue yg dikirim dari itali, di fax langsung dari sana, dan gue dapat copy report fax-nya. lalu saat kantor gue di itali kirim email invitation letternya ke kedutaan, gue minta di cc juga. jadi kalau kedutaan macem-macem bilang belum terima, gue ada buktinya.

setelah ready, berangkat lah ke kantor mereka. wkt itu gue dapet schedule appointment jam 10. tapi gue decide, sampai sana jam 9 kurang karena kedutaan buka jam 9. sampai sana, antriannya udah panjang dan dipinggir jalan. tante2 dan om2 kinclong yg mau liburan ke eropa (gila nada sirik banget :). ternyata setelah masuk kedalam, first come first serve. hayahh.. tau gitu dateng pagi-an, biar gak lama banget antrinya. btw, di kedutaan italia, kita antrinya di pinggir jalan luar gedung, dan antri loket permohonan visa-nya di ruang loket tanpa ac, mirip terminal bis. bersih sih.. tapi tetep aja, nggak banget.

tips-nya adalah, kalau ke kedutaan, jangan sok pny meeting atau appointment lain ya. alokasikan waktu kosong untuk urus visa. karena saat datang mohon visa, harus orangnya sendiri yg datang, tidak bisa diwakilkan. tapi nanti waktu mau ambil paspornya setelah selesai, bisa diwakilkan dengan memberi surat kuasa. jangan lupa, kalau menyerahkan foto copy document, aslinya harus dibawa juga krn harus ditunjukkan ke mereka. btw, proses visa di kedutaan itali biasanya 2-3 minggu. mereka termasuk lama.

nah berhubung aryo pergi urusan personal, terpaksa lah kasak kusuk urusan dokumen visa sendiri. kali ini lewat kedutaan belanda. booking appointment disini lain lagi ceritanya. suuuuuusaaahhhnyaa minta ampun. dan ternyata travel agent rata2 nyerah bikin aplikasi lewat sini. oh no lah pokoknya. kita sempet deg2an banget karena gak tau gimana cara nembus mereka hanya untuk bikin schedule. jadi mereka cuman bisa booking appointment lewat telpon. dengan segala syarat waktu jam menelpon ke kedutaan dll. udah ikutin aturan kapan nelpon ke mereka, tetep aja gak ada yg angkat. nelpon ke customer servicenya, itu juga susahnya minta ampun. alesan mereka, kalau gak diangkat, berarti proses layanan pemohon lagi penuh. jadi percuma terima call. eh buset. kenapa sih gak bisa booking online aja kyk italia. biarpun penuh bgt, at least kan kita bisa lihat option kita

akhirnya trik wkt itu untuk bisa booking schedule, adalah kirim email, kasih tau kalau kita minta booking jadwal datang kesana. sambil gak jelas juga tu email dibaca apa nggak sama orgnya. sambil terus nyoba nelpon, tiba2 doa terkabul, tau2 dari pihak kedutaan nelpon dan ksh tau, kalau ada slot kosong. langsung sikat aja bilang iya bisa. semua jadwal meeting di cancel hehe.

konon kalau apply visa lewat belanda di bulan sekitar agustus - oktober, memang susah, karena mereka prioritaskan utk student, bukan utk turis. makanya travel agent pada nyerah. waktu aryo datang sampai disana juga first come first serve antriannya. dari kantor udah diwanti2, jangan sampai dapet officer yg judes. disitu ada 1 cewek yg rambutnya panjang n cantik, tapi judes banget. pokoknya dibikin susah, n sering aplikasi di tolak. apesnya, aryo dapet dia. padahal dokumen lengkap banget. alesan suruh minta KTP si pembuat invitation letter lah, suruh bawa surat nikah lah. padahal aryo juga udah pakai sponsor letter dari kantor segala, bukan cuman invitation letter dari belanda. tapi syukurnya, pas the week after kembali dgn dokumen tambahan, aryo di ladenin sama mbak yg nggak terlalu cantik, tapi malah baik. jadi langsung aplikasi diterima. horee

banyak yg komplen sih sama servis kedutaan belanda ini, termasuk bos gue yg orang belanda, yg istrinya orang vietnam. bayangin, dia yg org belanda aja diresein, apalagi kita. walaupun begitu, kedutaan belanda prosesnya termasuk paling mudah dan paling cepat diantara kedutaan lain.
and… finally we got our one month visa. yeay!!

1 comment:

  1. Apply ke Kedutaan Finlandia juga gampang kok mba ... asal dah dapet surat undangan ( Invitation latter )dari sana n dokumen lengkap trus ga pake wawancara lagi :D pegawainya ramah waktu itu photo saya ukurannya salah eh .. ibu petugasnya nyuruh untuk photo di Ambasador mall n dikasih tau lagi ada lantai berapa so di tungguin ama dia sampai saya bawa yg bener. Ga pake antri soalnya mang ga ada orang waktu apply n ambil visa ..hehehe ....

    ReplyDelete