Friday, October 1, 2010

vitrase & bunga cantik - Holland

October 2010

kalau di Holland, selalu terkesan sama visual rumah2 yang cantik2, terutama karena... vitrase-nya sama tanaman bunga warna2i. aduh cantik banget kayak rumah2an mainan. dari luar kayaknya nyenengin banget.

vitrase-nya dari renda yang cantik2, yang motifnya bisa keliatan dari jauh, trus dipasang di jendela tapi somehow buat gue fungsinya bukan untuk privasi, biar gak keliatan dari luar. tapi ya biar cantik aja dilihatnya. nyusunnya juga unik, ada yg setengah jendela, ada yg seperti terbuka kiri kanan. tapi yang pasti, karena bahannya dari renda2 cantik jadi keliatan bagus banget. terus jendelanya gak pake tralis pengaman, gak kayak di singapore, jakarta or kota2 "gak aman" lainnya.

biasanya vitrase juga di lapis gordjin lagi. tapi biasanya ditutup kalau udah mau tidur aja.

lalu dibalik vitrase, antara vitrase dan jendela kaca, biasanya mereka naro pajangan2. jadi dari luar keliatan ada pajangan, dengan background vitrase cantik, trus di bingkai sama frame kusen jendela yg cantik dengan tembok bata2 kokoh ala style bangunan rumah di belanda. aduuuuhhh lucuuu banget. cantiiik banget. hampir setiap rumah, setiap ruas apartemen tampilannya kayak begitu. mau bangunan apartemen bagus, jelek, adanya begitu

pajangan yang ditaro di jendela biasanya jadi bisa menunjukkan selera si pemilik rumah itu sendiri. jadi kalau suka tanaman, ya, naro pot tanaman kecil2. kalau suka bunga, ya naro bunga warna2i. kalau kayak tanteku disana, karena bangga dengan budaya jawa, dia naro patung wayang kecil2 di jendela. kalau kamar anak kecil, naro mainan anak2 di jendela situ. aduh pokoknya cantik banget. jadi terinspirasi buat naro pajangan seperti itu...

... tapi baru inget, strip pembingkai jendela dari kayu dirumah cukup tebal. kalau naro pajangan, yaaa... sama aja gak keliatan dari luar :) tapi naksir banget pny vitrase dgn renda cantik2. sayangnya kalau disini, vitrase sebaiknya tertutup terus yah, biar gak keliatan dari luar. gak bisa di shape cantik deh... ah banyak banget kendalanya :)

tapi aku suka banget rumah-rumah mungil disana.. huhuhu

No comments:

Post a Comment